Wednesday, February 2, 2011

Tank Leopard Buatan Jerman

Sheeharun.blogspot.com - Saat ini sedang ramai pembicaraan mengenai rencana pemerintah untuk peningkatan Alat Utama Sistem Pertahanan Negara (alutsista).

Pemerintah menggelontor kan triliunan rupiah untuk memperkuat pertahanan negara, salah satu nya dengan cara modernisasi peralatan tempur serta pembelian kendaraan-kendarann tempur



sheeharun.blogspot.com
Hal ini dilakukan bukan untuk perang, tetapi merupakan upaya untuk mempertahankan negara dari ancaman-ancaman yang tidak diinginkan yang dapat menggangu kedaulatan NKRI. Salah satu rencana besar pemerintah adalah pembelian sekitar 100 Tank Leopard dari Negara Belanda. Tetapi yang diributkan adalah Tank yang dibeli tersebut merupakan tank bekas yang memang pemerintah Belanda menjual seluruh tank-tank tempur pasca perang dunia tersebut karena kekurangan anggaran pertahanan.

Pemerintah sendiri berkata bahwa Indonesia membutuhkan Tank sekelas Leopard ini, dikarenakan Indonesia belum memilikinya. Tetapi yang menjadi polemik dan pro kontra di kalangan masyarakat adalah anggota DPR tidak menyetujui pembelian ini dikarenakan tidak sesuai dengan kebutuhan Pertahanan Indonesia. Hmmm aneh, berbanding terbalik ketika DPR beli Kursi mewah dan renovasi ruangan secuil yang 20 milliar kok di setujui..sungguh terlalu..

Tetapi sebetulnya Apa Keistimewaan, kelebihan serta keunggulan Tank Leopard ini? Berikut ini merupakan sedikit informasi mengenai Tank Leopard Spesifikasi Gambar Foto Lengkap. Tank ini sendiri termasuk tank tempur utama (main battle tank, MBT) Jerman yang dikembangkan oleh Krauss-Maffei pada awal 1970-an dan mulai digunakan pada 1979. Leopard 2 menggantikan Leopard 1 sebagai tank tempur utama Angkatan Darat Jerman. Beragam versi telah digunakan oleh Angkatan Darat Jerman dan di 12 negara Eropa lainnya, beberapa dari luar Eropa. Lebih dari 3,480 Leopard 2 telah diproduksi. Leopard 2 pertama kali digunakan Angkatan Darat Jerman pada Perang Kosovo serta pasukan Kanada dan Denmark yang tergabung dalam ISAF di medan tempur Afghanistan.

Tank Leopard ini sendiri terdapat banyak generasi, berikut ini Tank Leopard Spesifikasi Gambar Foto Lengkap khusus Spesifikasi Tank LEOPARD 2A6 :
LEOPARD 2A6 MAIN BATTLE TANK – SPECIFICATIONS Crew 4 Weight 62 metric tons Length 7.7 m Width 3.7 m Height 3.0 m Armament 1 x Rheinmetall 120 mm L55 smoothbore gun
1 x coaxial 7.62 mm machine gun
1 x 7.62 mm anti-aircraft machine gun Maximum speed 72 km/hr Maximum range 500 km Powerplant MTU MB 873 multi-fuel, 1500 hp Transmission Renk HSWL 354 Gunner’s sight Rheinmetall Defence Electronics EMES 15 with thermal channel and laser rangefinder Commander’s sight Rheinmetall Defence Electronics PERI-R17A2 with thermal channel Berikut ini sedikit Foto dan Gambar Tank Leopard buatan Jerman yang akan dibeli oleh Indonesia :

Foto Tank Leopard 2A6

sheeharun.blogspot.com
Senjata yang ada di Tank Leopard

sheeharun.blogspot.com
Gambar Tank Leopard 2
sheeharun.blogspot.com
Gambar Tank Leopard 2A3 / Panzerbattalion 123 / Panzerbrigade 12

sheeharun.blogspot.com
Foto Tank Leopard 2A4

Gambar Foto Tank Leopard 2A5


sheeharun.blogspot.com
Gambar Foto Tank Leopard 2E Buatan Jerman

sheeharun.blogspot.com
Foto Tank Leopard 2A7 Buatan Jerman

sheeharun.blogspot.com
Gambar Tank Leopard 1A7+ buatan Jerman

Tank Leopard Spesifikasi Gambar Foto Lengkap

Banyak polemik di masyarakat mengapa Indonesia membeli tank bekas?Hal ini dikarenakan Indonesia tidak memiliki tank berat seperti Leopard ini. Tujuan utama membeli tank bekas ini karena untuk memperkuat sistem alutsista yang kemudian nantinya akan digunakan oleh PT Pindad sebagai bahan penelitian agar PT Pindad pun dapat memproduksi tank yang serupa. Bagaimana PT Pindad mau buat Tank Seperti ini, kalau barangnya pun tidak ada, tidak pernah di otak atik. Jepang dan China saja sebelum membuat produk sendiri membeli dan belajar dari produk orang lain. PT Pindad sendiri sudah bisa membuat Panser dengan nama Panser Anoa.

Pertimbangan lain, untuk membuat Tank seperti ini pasti membutuhkan waktu yang sangat lama untuk proses penelitiannya. Maka dari itu kemungkinan pemerintah membeli dahulu tank ini, untuk kemudian bisa dipelajari PT Pindad yang diproyeksikan dapat memproduksi Tank Besar ini, seperti halnya Pesawat KFX yang merupakan produk kerjasama antara Indonesia dan Korea Selatan yang membutuhkan waktu sampai 2014.
Tetapi memang dikabarkan Tank Leopard ini merupakan salah satu tank terbaik di dunia. Banyak negara-negara di dunia yang telah memiliki dan malah negara tetangga kita seperti Singapura memiliki 96 Tank Leopard ini, padahal wilayahnya kecil dan dikabarkan Malaysia pun berencana memesan. Nah itu sedikit informasi mengenai Tank Leopard Spesifikasi Gambar Foto Lengkap , mudah-mudahan bermanfaat bagi teman-teman semua y.

 Sumber
◄ Newer Post Older Post ►
Powered by Blogger.
 

© Kisah.. Powered by Blogger